Cari Apa?

Senin, 17 November 2014

Cara Membuat Kandang Soliter

Kandang soliter

Wah,Sudah lama penulis tidak menulis postingan baru, dikarenakan penulis akhir-akhir ini sangat sibuk sekali, sehingga tidak ada waktu untuk blogging. Yuk, kita menuju ke topik yang sebenarnya.

 Pada postingan terdahulu, penulis sudah menjelaskan tips merawat piyikan burung murai batu medan. pada postingan kali ini, penulis akan menjelaskan cara membuat kandang soliter.


posisi bohlam pada kandang soliter
Seperti pada pembahasan sebelumnya, bahwa piyikan yang baru dipanen/diambil dari kandang harus ditempatkan di kandang soliter terlebih dahulu, agar kehangatannya terjaga. Cara membuat kandang soliter sebenarnya sangat mudah. Kandang soliter dibuat dari bahan triplek dan sedikit kawat strimin. Kandang soliter ini dibuat dengan ukuran panjang 30 cm, lebar 30cm, dan tinggi 45cm, posisi pintu pada kandang soliter bisa dibuat sesuai dengan selera anda, dan di bagian dalam sebelah atas kandang soliter harus diberi penghangat berupa lampu bohlam lima watt. Lampu ini berfungsi sebagai penghangat piyikan, tapi penempatannya harus agak tinggi posisinya dari piyikan, agar piyikan tidak terlalu kepanasan. Jika hal ini terjadi, bisa-bisa piyikannya mati kepanasan. kalau bagi penulis, lampu bohlamnya di tempatkan 40 cm di atas piyikan.

piyikan berada di dalam kandang soliter
Setelah kandang soliter beserta penghangatnya jadi, maka selanjutnya anda bisa menaruhnya di dinding, tapi disekitar kandang soliter harus diberi kapur semut, agar piyikan terhindar dari serangan semut. Alhamdulillah, kandang soliter yang anda buat telah jadi, sekarang tinggal diisi piyikan.Kandang soliter itu ibarat seperti inkubator bagi bayi.

Pada postingan berikutnya, penulis akan menjelaskan cara membedakan jenis kelamin piyikan burung murai batu. Semoga postingan ini bermanfaat bagi penulis dan pembaca. Amiiin...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar