Cari Apa?

Senin, 31 Agustus 2015

Tips Membedakan Jenis Kelamin Trotol Murai Batu Medan

Wah, sudah lama Penulis tidak ngeblog, karena ada kegiatan yang lumayan padat, dan minggu ini Penulis baru menyelesaikan PKKMB (OSPEK), jadinya berangkat pagi pulang malam. Hehe :)

Trotol Murai Batu
kembali ke topik, setelah Penulis mennjelaskan bagaimana cara membuat kandang soliter, Penulis akan menjelaskan bagaimana cara membedakan jenis kelamin trotol murai batu, terutama murai batu medan. tetapi, pada dasarnya untuk semua trotol murai batu 
cara membedakannya sama.

Dalam hal ini, banyak mitos yang beredar tentang cara membedakan trotol murai batu medan, diantaranya adalah meletakkan alat berupa sebuah gantungan diatas kepala trotol murai batu, kalau geraknya cepat bererarti itu trotol jantan, kalau bergerak lambat berarti trotol betina. itu salah besar, memangnya mau menghipnotis pakai alat sepeerti itu. Hehe :)Penulis akan menjelaskan cara membedakan jenis kelamin trotol  murai batu yang keakuratannya mencapai 90%, karena yang 100% itu punya Allah SWT. Peternak murai batu yang sudah besar pun tidak mampu memberikan kepastian jenis kelamin diatas 90%, bahkan ada trotol yang sampai di pembeli ternyata salah jenis kelamin. cara ini baru bisa diterapkan pada burung yang sudah keluar bulu punggungnya secara sempurna (sekitar umur 14-20 hari)

Langsung saja, berikut cara membedakan jenis kelamin trotol murai batu.

Jantan
Trotol murai batu medan
(bawah, kelamin jantan)
coba lihat bulu punggung trotol murai batu Anda, jika warna bulunya hitam pekat dan mengkilap, itu berarti trotolnya berjenis kelamin jantan.










Betina
Trotol murai batu medan
(atas, kelamin betina)
Caranya masih sama seperti di atas, yaitu lihat warna bulu punggung trotol murai batu anda, jika warnanya hitam pudar, atau cenderung keabu-abuan, itu berarti trotolnya berjenis kelamin betina.









Itulah cara jitu membedakan jenis kelamin trotol murai batu, Sekian pembahasan tips membedakan jenis kelamin trotol murai batu, pada membahasan selanjutnya, penulias akan membahas tentang cara membedakan murai batu medan palsu.

semoga cara diatas bisa membantu dan mengobati kebingungan pembaca, khususnya para kicau mania.
Amiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar