Cari Apa?

Selasa, 27 Mei 2014

Cara Merawat Piyikan Burung Murai Batu Medan

pada postingan terdahulu penulis telah membahas tentang tips menjodohkan burung muraibatu yang aman. dan sekarang, penulis akan membahas bagaimana cara merawat piyikan burung murai batu medan.
piyikan Murai Batu Medan
MJK 09 Murai Fauna

Telah saya jelaskan pada postingan sebelumnya, bahwa telur murai batu medan membutuhkan waktu dua belas hari untuk menetas. hal selanjutnya yang anda lakukan adalah menunggu dan berdoa supaya telur dapat menetas. setelah piyikan berumur lima atau enam hari, waktunya anda mengambil piyikan tersebut, dan memindahkannya ke kandang soliter yang diberi lampu bohlam lima watt. nanti pada postingan berikutnya, saya akan menjelaskan tips membuat kandang soliter yang ideal bagi piyikan murai batu medan. biasanya para penangkar burung ini, akan mengambil piyikannya pada usia tiga sampai enam hari.




selanjutnya, pada usia tujuh hari pertama saat di kandang soliter, anda perlu menyuapi piyikan sebanyak satu kali setiap jam. makanannya berupa voer basah dicamour kroto, tapi voernya jangan terlalu kering, nanti piyikannya bisa keselek. dan krotonya harus dalam keadaan bersih dari semut rang-rang. jika semut rang-rang (yang berwarna merah) sampai tertelan oleh piyikan, maka piyikan tersebut akan sesak nafas, kemudian akan mati.

selanjutnya pada umur empat belas hari, sudah wakyunya dipindahkan ke kandang biasa, tetapi masih diberi lampu bohlam lima watt sebagai penghangat. saat itu, piyikan murai batu medan sudah mulai belajar nangkring.pada saat itulah fase tersulit pada perawatan piyikan murai batu medan, karena pada fase ini, piyikan tersenut akan mengalami stres, dan nafsu makannya berkurang.
Trotolan Murai Batu Medan
MJK 09 Murai Fauna
tugas anda adalah terus berdoa supaya piyikan anda mau makan, dan berikanlah makan sewaktu piyikan meminta makan, walaupun dalam tempo kurang dari satu jam. hal ini bertujuan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terhadap piyikan anda. jika piyikan anda. jika piyikan anda telah memiliki nafsu makan yang normal kembali, maka pemberian makan bisa dilakukan sebanyak satu kali setiap dua jam. jika terlalu sering diberi makan, bisa-bisa piyikan anda akan sakit.

pada saat piyikan murai batu medan telah berumur satu bulan, waktunya piyikan tersebut dipindahkan ke sangkar biasa. dan sudah mulai belajar makan voer kering. cara melatihnya adalah dengan cara memberikan sedikit voer basah, lalu taburkan voer kering disekitar voer basah tersebut, lama kelamaan piyikan tersenut akan terbiasa memakan voer kering.




lalu pisahkanlah semua piyikan murai batu medan anda, jadikan setiap kurungan hanya terisa satu ekor piyikan. karena pada umur satu bulan, naluri fighter (petarung) sudah mulai muncul pada piyikan tersebut.
Trotolan Murai Batu Medan
MJK 09 Murai Fauna
anda bisa langsung menjual piyikan anda dengan harga Rp1.600.000/piyikan betina dan Rp1.800.000/piyikan jantan. atau anda bisa memelihara sampai siap produk. anda bisa menjadikannya calon indukan anda atau kira-kira sampai umur sembilan bulan. atau anda bisa menjualnya dengan harga mulai dari Rp4.000.000/ekor, tergantung panjang ekornya. semakin panjang ekor yang dimiliki murai batu medan anda, maka harganya juga semakin mahal.

sekian dulu postingan saya kali ini. pada postingan berikutnya, saya akan membahas bagaimana cara membuat kandang soliter yang ideal bagi piyikan murai batu medan. semoga postingan saya ini bermanfaat bagi para pembaca. Amiiiin...!!!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar