Cari Apa?

Selasa, 20 Mei 2014

Tentang Burung Murai Batu Medan

pada postingan yang terdahulu, penulis telah membahas tentang burung murai batu, pada postingan kali ini, saya akan membahas burung murai batu medan yang sekarang menjadi burung murai batu primadona bagi kicau mania.

Burung murai batu medan adalah salah satu jenis dari burung murai batu dan termasuk dalam genus  copsyhicus.burung ini memiliki kicauan yang luar biasa, sehingga menjadikan burung ini menjadi burung yang bernilai tinggi.
walaupun burung ini bernilai tinggi, para kicau mania masih menggemari burung ini, baik untuk dijadikan burung peliharaan, untuk lomba, atau untuk di tangkar. burung murai batu medan memiliki keistimewaan tersendiri, diantaranya:
1. memiliki suara yang luar biasa indah.
2. memiliki jiwa fighter (petarung), sehinga cocok digunakan untuk lomba.
3. memiliki ekor yang panjang, kurang lebih antara 17-25cm.

Cara membedakan burung murai batu medan
cara membedakan burung murai batu medan dengan burung murai batu medan lainnya sebenarnya sangat mudah, dan hanya butuh ketelitian. berikut ini akan penulis jelaskan mengenai perbedaan burung murai batu medan dengan burung murai batu jenis lain. diantaranya:
1. pada bagian ekor, burung murai batu memiiki 6 pasang ekor, dengan perincian 2 pasang ekor utama (ekor yang tumbuh di atas pangkal ekor, dan berwarna hitam), dan 4 pasang ekor penyangga (ekor yang tumbuh di bagian bawah pangkal ekor, ekor ini lebih pendek dari ekor utama). untuk membedakannya, kita lihat motif helai ekor pada ekor penyangga, pada bagian tersebut terdapat pola yang membentuk huruf U (selengkapnya, lihat gambar).
2. panjang ekor burung murai batu medan untuk yang jantan kurang lebih antara 17-25cm, dan untuk yang betina memiliki panjang ekor kurang lebih 10-14cm.
3. pada bagian dada pada saat bertarung tidak gembung, jika gembung, bisa dpastikan, itu adalah burung murai batu lampung.

umur burung murai batu medan jika berada di alam bebas berkisar antara 7-10 tahun, namun, jika dalam perawatan manusia, umurnya berkisar antara 10-15 tahun. bahkan ada yang melebihi umur harapan tersebut, yaitu sampai umur 16 tahun.

Sekarang, burung murai batu medan sudah banyak yang menangkarkan, karena burung ini mulai mengalami kelangkaan di habitat aslinya. karena banyak yang mencari burung ini, ada segelintir orang yang mau menangkarkan burung ini untuk menjaga kelestariannya.

itulah pengertian dari burung murai batu medan, semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi penulis dan pembaca. amiin.
pada postingan berikutnya, saya akan menjelaskan bagaimana cara berternak burung murai batu medan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar