Cari Apa?

Sabtu, 24 Mei 2014

Tips Memilih Indukan Burung Murai Batu Medan Yang Ideal

Indukan jantan ekor 20-21cm vs
betina ekor 12-13cm
Pada postingan yang terdahulu, penulis telah menjelaskan bagaimana membedakan jenis kelamin burung murai batu medan. kali ini penulis akan menjelaskan bagaimana memilih indukan murai batu medan yang ideal untuk diatangkarkan.

Memilih indukan yang ideal merupakan faktor yang sangat penting dalam proses penangkaran murai batu medan, karena jika salah memilih indukan, maka keturunan yang dihasilkan dari perkawinan tersebut akan memiliki kualitas yang kurang bagus. dan hal ini tentunya akan bepengaruh pada nilai jual trotol tersebut di pasaran.

berikut ini tips memilih indukan murai batu medan
yang ideal. pada pemilihan indukan murai batu medan yang dilihat hanya dari dua faktor, yaitu:





Faktor ekor yang panjang
Walaupun burung tersebut bisu, jika memiliki ekor yang panjang, maka burung tersebut patut anda pilih sebagai kandidat calon indujan murai batu medan anda.

Faktor keturunan juara
Faktor ini jarang sekali diperhitungkan oleh para penangkar burung murai batu medan di indonesia, karena burung yang memiliki ekor panjang akan melahirkan nilai estetika yang tersendiri di hati para penangkar dan poecinta murai batu medan. anda boleh memilih burung jenis ini, apabila anda ingin menghasilkaan keturunan yang memilki mental juara.

Lalu ada hal khusus bagi indukan murai batu betina, yaitu harus memiliki bulu berwarna abu-abu dibagian kepala dan punggungnya dan memiliki bulu berwarna colat muda pada bagian dadanya.

itulah tips memilih indukan murai batu medan yang ideal. pada postingan berikutnya, penulis akan menjelaskan tentang tips mengawinkan indukan murai batu medan yang aman.

sekian dulu postingan saya kali ini, semoga bisa memberi manfat bagi para pembaca. Amiiin...!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar